1. Sebutkan
dan jelaskan lima peran guru dalam proses pembelajaran.
a. Guru
sebagai perencana, artinya guru mempersiapkan apa yang akan dilakukan dalam
proses pembelajaran (membuat silabus, RPP).
b. Guru
sebagai pelaksana, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan perencanaan.
c. Guru
sebagai fasilitator artinya guru memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan
belajarnya, misalnya melalui penyediaan buku, alat peraga dan alat belajar
lainnya sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan.
d. Guru
sebagai evaluator harus menganalisa, menafsirkan dan melakukan penilaian atas
tingkat keberhasilan pembelajaran berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
e. Guru
sebagai motivator memiliki peran membangkitkan semangat belajar siswa, agar
siswa mau mengikuti kegiatan pembelajaran.
2.
Sebutkan dan jelaskan tujuh keterampilan
dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru.
a.
Keterampilan membuka dan menutup
pelajaran
Guru
harus memiliki keterampilan membuka pelajaran yang merupakan kegiatan
menyiapkan siswa untuk memasuki inti pelajaran dan keterampilan menutup
pelajaran yang merupakan kegiatan memantapkan atau menindaklanjuti topik yang
dibahas.
b.
Keterampilan dalam menjelaskan
Guru
harus mampu memaparkan atau menyampaikan materi pelajaran, sehingga informasi
yang disampaikan dapat dimengerti oleh siswa.
c.
Keterampilan mengadakan variasi
Cara
mengajar guru yang monoton akan menimbulkan kebosanan pada siswa. Pelajaran
yang diajarkan terasa kurang menarik, sehingga siswa tidak termotivasi untuk
mengetahui dan mencari hal-hal baru yang berkaitan dengan materi yang diajarkan
d.
Keterampilan mengelola kelas
Guru
harus mampu mengatur barang dan orang (siswa) hingga tercipta iklim kelas yang
kondusif.
e. Keterampilan
memberi penguatan
Pemberian
pujian atau respon positif guru terhadap perilaku perbuatan siswa yang positif akan membuat
siswa merasa senang karena dianggap mempunyai kemampuan.
f. Keterampilan
untuk bertanyaguru harus memiliki keterampilan bertanya, karena cara guru
mengajukan petanyaan akan mempengaruhi jawaban siswa selain untuk mendapatkan
informasi, bertanya bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara guru dan
siswa.
g. Keterampilan
membimbing diskusi kelompok
Guru
perlu memahami hakikat, prinsip serta komponen-komponen keterampilan membimbing
diskusi kelompok kecil, dan kemudian berlatih secara sistematis untuk
menguasainya.
3. Sebutkan
standar kompetensi guru mata pelajaran geografi dalam bentuk tabel.
STANDAR
KOMPETENSI
GURU
MATA PELAJARAN GEOGRAFI
NO
|
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI INTI GURU
|
1.
|
Kompetensi Pedagogik
|
Menguasai karakteristik peserta
didik (aspek fisik, moral,spiritual,sosial,kultural,emosional dan
intelektual).
|
Menguasai
teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
|
||
Mengembangkan kurikulum mata pelajaran
geografi.
|
||
Menyelenggarakan
pembelajaran geografi yang mendidik
|
||
Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran geografi.
|
||
Memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki.
|
||
Berkomunikasi secara efektif,
empatik dan santun dengan peserta didik.
|
||
Menyelenggarakan
penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
|
||
Memanfaatkan hasil penilaian
dan evaluai untuk kepentingan pembelajaran geografi.
|
||
Melakukan
tindakan refleksi untuk peningkatan kualitas pembelajaran geografi.
|
||
2.
|
Kompetensi Kepribadian
|
Bertindak sesuai dengan norma
agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia.
|
Menampilkan
diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi peserta
didik dan masyarakat.
|
||
Menampilkan
diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa,arif, dan berwibawa.
|
||
Menunjukkan
etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa
percaya diri.
|
||
Menjunjung kode etik profesi
guru.
|
||
3.
|
Kompetensi Sosial
|
Bersikap
insklusif,bertindak objektif serta tidak diskriminatif.
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik
dan santun dengan sesama pendidik, orang tua dan masyarakat.
|
||
Beradaptasi
ditempat bertugas di seluruh wilayah Indonesia.
|
||
Berkomunikasi dengan komunitaas
profesi sendiri dan profesi lain dalam bentuk lisan, tulisan maupun dalam
bentuk lain.
|
||
4.
|
Kompetensi Profesional
|
Menguasai
materi, struktur, konsep dan pola fikir keilmuan yang mendukung mata
pelajaran geografi.
·
Menguasai
hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi.
·
Membedakan
pendekatan-pendekatan geografi.
·
Menguasai
materi geografi secara luas dan mendalam
·
Menunjukkan
manfaat mata pelajaran geografi
|
Menguasai standar kompetensi dan
kompetensi dasar mata pelajaran geografi.
|
||
Mampu
mengembangkan materi pembelajaran geografi secara kreatif.
|
||
Melakukan tindakan reflektif
untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.
|
||
Memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.
|
||
·
Berdasarkan PERMENDIKNAS
RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi
Guru.
|
4. a. apakah apersepsi?
Apersepsi berasal dari kata apperception, yang berarti
menafsirkan buah fikiran yaitu mengaitkan konsep (pengetahuan) yang baru dengan
yang yang telah dikuasainya.
b. Sebutkan
dua cara yang dapat dilakukan guru dalam apersepsi.
1)
Mengulas kembali materi yang diajarkan
pada pertemuan sebelumnya.
2)
Menyampaikan tujuan pembelajaran sekaligus
untuk memberikan motivasi pada siswa.
5.
a. Apakah yang dimaksud dengan
penyimpulan pada kegiatan
penutup pembelajaran?
penyimpulan pada kegiatan penutup
merupakan kegiatan menyimpulkan materi yang dijelaskan, sehingga siswa memahami
inti dari materi tersebut.
b. berikan
dua contoh kegiatan guru memfasilitasi siswa membuat penyimpulan materi
pembelajaran.
·
Guru membentuk kelompok diskusi pada
siswa untuk mendiskusikan materi yang diajarkan, kemudian mengemukakannya di
depan kelas.
·
Diakhhir pembelajaran, guru meminta atau
menunjuk siswa untuk memaparkan inti materi yang telah diajarkan pada hari
tersebut.
6.
a. Apakah yang dimaksud refleksi
pembelajaran?
Refleksi pembelajaran merupakan suatu kegiatan penilaian
dan pengawasan terhadap kegiatan pembelajaran
(proses dan hasil pembelajaran) untuk mengetahui tingkat ketercapaian
tujuan pembelajaran.
b. Apakah yang dimaksud tindak lanjut terhadap
refleksi.
Kegiatan yang dilakukan berdasarkan hasil dan
simpulan dari refleksi yang dilakukan dalam rangka mencapai pembelajaran yang
lebih baik pada pembelajaran berikutnya.
c. Sebutkan
lima produk dari tindak lanjut.
1)
Melakukan perbaharuan dalam penggunaan metode
maupun media yang lebih efektif.
2)
Pemberian tugas/ latihan yang harus
dikerjakan di rumah.
3)
Menjelaskan kembali bahan pelajaran yang
dianggap sulit oleh
4)
Menugaskan siswa untuk membaca materi/
topik tertentu yang dianggap sulit.
5)
Memberikan motivasi dan bimbingan
belajar pada siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar