Minggu, 27 Januari 2013

Belajar dan Pembelajaran Geografi (UAS)




1.    Sebutkan dan jelaskan lima peran guru dalam proses pembelajaran.
a.      Guru sebagai perencana, artinya guru mempersiapkan apa yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran (membuat silabus, RPP).
b.      Guru sebagai pelaksana, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan perencanaan.
c.       Guru sebagai fasilitator artinya guru memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan belajarnya, misalnya melalui penyediaan buku, alat peraga dan alat belajar lainnya sehingga siswa dapat memahami materi yang diajarkan.
d.      Guru sebagai evaluator harus menganalisa, menafsirkan dan melakukan penilaian atas tingkat keberhasilan pembelajaran berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.
e.    Guru sebagai motivator memiliki peran membangkitkan semangat belajar siswa, agar siswa mau mengikuti kegiatan pembelajaran.


2.      Sebutkan dan jelaskan tujuh keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru.
a.       Keterampilan membuka dan menutup pelajaran
Guru harus memiliki keterampilan membuka pelajaran yang merupakan kegiatan menyiapkan siswa untuk memasuki inti pelajaran dan keterampilan menutup pelajaran yang merupakan kegiatan memantapkan atau menindaklanjuti topik yang dibahas.
b.      Keterampilan dalam menjelaskan
Guru harus mampu memaparkan atau menyampaikan materi pelajaran, sehingga informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh siswa.
c.       Keterampilan mengadakan variasi
Cara mengajar guru yang monoton akan menimbulkan kebosanan pada siswa. Pelajaran yang diajarkan terasa kurang menarik, sehingga siswa tidak termotivasi untuk mengetahui dan mencari hal-hal baru yang berkaitan dengan materi yang diajarkan
d.      Keterampilan mengelola kelas
Guru harus mampu mengatur barang dan orang (siswa) hingga tercipta iklim kelas yang kondusif.
e.       Keterampilan memberi penguatan
Pemberian pujian atau respon positif guru terhadap perilaku  perbuatan siswa yang positif akan membuat siswa merasa senang karena dianggap mempunyai kemampuan.
f.       Keterampilan untuk bertanyaguru harus memiliki keterampilan bertanya, karena cara guru mengajukan petanyaan akan mempengaruhi jawaban siswa selain untuk mendapatkan informasi, bertanya bertujuan untuk meningkatkan interaksi antara guru dan siswa.
g.      Keterampilan membimbing diskusi kelompok
Guru perlu memahami hakikat, prinsip serta komponen-komponen keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan kemudian berlatih secara sistematis untuk menguasainya.


3.   Sebutkan standar kompetensi guru mata pelajaran geografi dalam bentuk tabel.

STANDAR KOMPETENSI
GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI

NO
KOMPETENSI
KOMPETENSI INTI GURU
1.
Kompetensi Pedagogik
Menguasai karakteristik peserta didik (aspek fisik, moral,spiritual,sosial,kultural,emosional dan intelektual).
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Mengembangkan kurikulum mata pelajaran geografi.
Menyelenggarakan pembelajaran geografi yang mendidik
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran geografi.
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik.
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluai untuk kepentingan pembelajaran geografi.
Melakukan tindakan refleksi untuk peningkatan kualitas pembelajaran geografi.
2.
Kompetensi Kepribadian
Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial dan kebudayaan nasional Indonesia.
Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa,arif, dan berwibawa.
Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.
Menjunjung kode etik profesi guru.
3.
Kompetensi Sosial
Bersikap insklusif,bertindak objektif serta tidak diskriminatif.
Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan sesama pendidik, orang tua dan masyarakat.
Beradaptasi ditempat bertugas di seluruh wilayah Indonesia.
Berkomunikasi dengan komunitaas profesi sendiri dan profesi lain dalam bentuk lisan, tulisan maupun dalam bentuk lain.
4.
Kompetensi Profesional
Menguasai materi, struktur, konsep dan pola fikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran geografi.
·      Menguasai hakikat struktur keilmuan, ruang lingkup, dan objek geografi.
·      Membedakan pendekatan-pendekatan geografi.
·      Menguasai materi geografi secara luas dan mendalam
·      Menunjukkan manfaat mata pelajaran geografi
Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran geografi.
Mampu mengembangkan materi pembelajaran geografi secara kreatif.
Melakukan tindakan reflektif untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri.

·         Berdasarkan PERMENDIKNAS RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.


4.      a.   apakah apersepsi?
Apersepsi  berasal dari kata apperception, yang berarti menafsirkan buah fikiran yaitu mengaitkan konsep (pengetahuan) yang baru dengan yang yang telah dikuasainya.
b.   Sebutkan dua cara yang dapat dilakukan guru dalam apersepsi.
1)      Mengulas kembali materi yang diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
2)      Menyampaikan tujuan pembelajaran sekaligus untuk memberikan motivasi pada siswa.

5.      a. Apakah yang dimaksud dengan penyimpulan pada                                      kegiatan penutup pembelajaran?
penyimpulan pada kegiatan penutup merupakan kegiatan menyimpulkan materi yang dijelaskan, sehingga siswa memahami inti dari materi tersebut.
b.   berikan dua contoh kegiatan guru memfasilitasi siswa membuat penyimpulan materi pembelajaran.
·         Guru membentuk kelompok diskusi pada siswa untuk mendiskusikan materi yang diajarkan, kemudian mengemukakannya di depan kelas.
·         Diakhhir pembelajaran, guru meminta atau menunjuk siswa untuk memaparkan inti materi yang telah diajarkan pada hari tersebut.





6.      a. Apakah yang dimaksud refleksi pembelajaran?
Refleksi pembelajaran merupakan suatu kegiatan penilaian dan pengawasan terhadap kegiatan pembelajaran  (proses dan hasil pembelajaran) untuk mengetahui tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran.
b.  Apakah yang dimaksud tindak lanjut terhadap refleksi.
Kegiatan yang dilakukan berdasarkan hasil dan simpulan dari refleksi yang dilakukan dalam rangka mencapai pembelajaran yang lebih baik pada pembelajaran berikutnya.
c.       Sebutkan lima produk dari tindak lanjut.
1)      Melakukan perbaharuan dalam penggunaan metode maupun media yang lebih efektif.
2)      Pemberian tugas/ latihan yang harus dikerjakan di rumah.
3)      Menjelaskan kembali bahan pelajaran yang dianggap sulit oleh
4)      Menugaskan siswa untuk membaca materi/ topik tertentu yang dianggap sulit.
5)      Memberikan motivasi dan bimbingan belajar pada siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar